3 Jenis Gerakan Dasar pada Mesin CNC

Mesin Computer Numerical Controlled (CNC) mungkin memiliki lebih dari satu jenis gerakan yang digunakannya, tetapi ada tiga jenis gerakan paling umum yang mudah diingat. Ini adalah Gerak Cepat, Gerak Garis Lurus, dan Gerak Melingkar.

Semua jenis gerakan ini mungkin tampak berbeda tetapi mereka memiliki dua kesamaan, yaitu bahwa mereka semua adalah modal dan titik akhir dari setiap gerakan ditentukan dalam perintah gerakan. Dengan menjadi modal itu berarti bahwa jenis gerakan akan berlaku sampai diubah sebaliknya.

3 jenis gerakan umum:

1.) Jenis Gerak Cepat

Jenis gerak cepat disebut juga Positioning. Cara jenis gerakan ini digunakan adalah dengan memanfaatkan laju tercepat dari gerakan perintah mesin. Contoh penggunaan gerak cepat bergerak untuk membersihkan penghalang, menempatkan alat pemotong ke dan dari posisi yang diinginkan, dan program apa pun yang menyediakan skema tanpa pemotongan.

Perintah yang biasanya diprogram ke mesin CNC adalah G00 karena pada perintah ini akan ditentukan titik akhir untuk gerak cepat.

Mesin CNC, dengan sebagian besar kontrol yang diberikan, akan dapat bergerak secepat mungkin di semua sumbu yang diperintahkan. Dalam kasus gerak cepat, satu sumbu mungkin dapat mencapai titik akhirnya sebelum sumbu lainnya. Gerakan garis lurus tidak akan terjadi dengan jenis fungsi perintah cepat dan programmer mesin harus memperhitungkan bahwa tidak ada penghalang yang harus dihindari. Gerakan garis lurus akan terjadi bahkan selama perintah gerakan cepat jika dilakukan dengan kontrol lain.

2.) Gerak Garis Lurus

Jenis gerakan ini akan memungkinkan pemrogram mesin untuk memerintahkan gerakan garis lurus sempurna di dalam mesin. Berbeda dengan jenis gerak cepat, gerakan garis lurus akan memungkinkan programmer untuk memvariasikan laju gerak atau laju umpan yang akan digunakan selama gerakan. Contoh penggunaan gerakan garis lurus adalah diameter belok lurus, lancip, saat milling permukaan lurus, dan saat mengebor hal ini karena contoh tersebut memerlukan gerakan pemotongan lurus.

Kata umum untuk menentukan gerakan garis lurus ke dalam mesin adalah G01, karena dalam perintah ini pemrogram akan memasukkan titik akhir yang diinginkan dalam setiap sumbu.

3.) Gerak Melingkar

Jenis gerakan ini akan menyebabkan mesin bergerak ke arah jalur melingkar dan digunakan untuk menghasilkan jari-jari dalam pemesinan. Ketika berbicara tentang titik-titik pada laju umpan gerakan melingkar, itu sama dengan titik pada gerakan garis lurus.

Selain gerakan garis lurus dan gerak cepat, ada dua kode G yang biasa digunakan saat memprogram gerakan melingkar ke dalam mesin. Ini adalah G02 dan G03. G02 digunakan saat programmer menginginkan gerakan searah jarum jam ke dalam mesin sedangkan G03 digunakan untuk membuat gerakan berlawanan arah jarum jam. Untuk mengetahui perintah mana yang akan digunakan, programmer harus melihat gerakan dengan perspektif yang sama seperti apa gerakan mesin nantinya, apakah searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam.

Persyaratan lain yang akan diprogram ke dalam mesin yang akan menggunakan gerakan melingkar adalah programmer harus menentukan jari-jari busur yang akan dibangkitkan. Dengan kemajuan teknologi baru di CNC, kata “R” sekarang digunakan untuk menentukan radius.

Untuk kontrol yang lebih lama dalam mesin CNC, “I”, “J”, dan “K” digunakan untuk menentukan lokasi titik pusat busur.

www.kelasplc.com

Posted in CNC