Cara Jualan Dropship Antar Marketplace

Cara Jualan Dropship Antar Marketplace

Cara Jualan Dropship Antar Marketplace –¬†Dropship memang masih menjadi salah satu bisnis online yang sangat menjanjikan untuk digelut di jaman sekarang.

Sudah ada banyak orang yang berhasil meraup puluhan juta Rupiah per bulan hanya dengan menjual barang secara online dengan sistem dropship.

Salah satu teknik jualan dropship yang paling sering digunakan di jaman sekarang adalah jualan dropship antar marketplace.

Lalu bagaimana cara jualan dropship antar marketplace tersebut? Selain itu apa keuntungannya menjual barang secara online dengan sistem dropship antar marketplace tersebut?

Bagi anda yang mau tau bagaimana cara jualan dropship antar marketplace dan juga apa keuntungannya, anda bisa simak penjelasannya di dalam artikel ini.

Cara Jualan Dropship Antar Marketplace
Cara Jualan Dropship Antar Marketplace

Apa yang Dimaksud Jualan Dropship Antar Marketplace?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara jualan dropship antar marketplace, pertama-tama anda harus paham terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan antar marketplace itu.

Yang dimaksud dengan antar marketplace adalah anda menjual produk yang dipasarkan di marketplace A ke marketplace B dengan sistem dropship.

Secara mudahnya, supplier anda juga jualan secara langsung di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, ataupun Bukalapak. Namun anda menjual produknya dengan sistem dropship di marketplace yang berbeda.

Keuntungan Jualan Dropship Antar Marketplace

Lalu apa keuntungan jualan produk dengan sistem dropship antar marketplace tersebut? Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan. Berikut adalah beberapa keuntungannya:

  • Anda lebih mudah mencari supplier

Keuntungan pertama menjual produk dengan sistem dropship antar marketplace adalah anda tidak perlu mengalami kesulitan mencari supplier.

Anda bisa menemukan supplier dengan mudah hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian marketplace tertentu.

Selain itu, anda juga jauh lebih mudah menentukan kualitas serta kredibilitas dari calon supplier anda tersebut karena sudah ada sistem rating di setiap marketplace.

  • Gratis tanpa biaya pendaftaran

Salah satu hal yang biasanya membuat banyak orang mengurungkan niat untuk jualan online dengan sistem dropship adalah adanya biaya pendaftaran dari pihak supplier.

READ  Tips dan Cara Membuka Usaha Cuci Motor

Jika anda memilih jualan dropship antar marketplace, maka anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pendaftaran menjadi dropshipper. Yang perlu anda lakukan hanya membeli produknya dengan menggunakan alamat konsumen anda saja.

  • Jenis barang tak terhingga

Keuntungan lain dari jualan dropship antar marketplace adalah anda bisa menjual berbagai macam jenis barang.

Hampir semua jenis barang yang tidak melanggar hokum sudah tersedia di dalam marketplace. Oleh sebab itu, anda jelas jauh lebih fleksibel dalam menentukan barang apa yang kira-kira mau anda jual.

Langkah-Langkah Jualan Dropship Antar Marketplace

Setelah mengetahui lebih detail mengenai apa yang dimaksud dengan jualan dropship antar marketplace, memang kebanyakan orang langsung tertarik untuk mencobanya.

Pasalnya, memang jualan dropship antar marketplace itu jauh lebih mudah dan modal yang dibutuhkan juga lebih sedikit.

Lalu masalahnya, bagaimana cara jualan dropship antar marketplace itu? Apa yang harus anda perhatikan jika mau mencobanya? Untuk langkah-langkahnya, sebenarnya prosesnya sama seperti ketika anda mau mencari supplier diluar marketplace.

Anda harus cek terlebih dahulu bagaimana kualitas produknya dan juga bagaimana kecepatannya dalam melayani pelanggan.

Selain itu, yang terpenting dari jualan dropship antar marketplace itu adalah mencari supplier yang bisa diajak kerjasama masalah resi otomatis untuk pengiriman produknya.

Berikut ini adalah langkah-langkah kerjasama dengan supplier anda masalah resi otomatis yang saat ini mulai banyak digunakan di marketplace Indonesia:

  1. Cari terlebih dahulu supplier yang bisa diajak kerjasama masalah resi otomatis.
  2. Setelah itu, mulai upload foto-foto produk yang mau anda jual secara dropship di toko online anda. Anda bisa menggunakan aplikasi dropship agar mempercepat prosesnya.
  3. Jika ada yang membeli produk tersebut dari anda, catat nomor resi otomatis untuk pembelian produk tersebut.
  4. Setelah itu, pesan produknya dari supplier anda dan jangan lupa untuk menambahkan catatan mengenai nomor resi otomatis yang anda dapatkan.
  5. Kemudian, supplier hanya perlu mengirimkan produknya dengan menggunakan data resi yang sudah anda berikan ke jasa pengiriman barang yang dipilih konsumen anda.
READ  Langkah Langkah Membuat Produk Digital

Jadi bisa dikatakan, cara jualan dropship antar marketplace yang paling penting hanyalah pada bagian kerjasama masalah resi otomatis tersebut saja. Cukup mudah bukan jualan online dengan sistem dropship antar marketplace itu? Jadi kapan anda akan mencobanya?