Cara Memasang Plafon Triplek yang Mudah

Plafon atau langit-langit rumah adalah merupakan salah satu bagian dari konstruksi bangunan dimana fungsi plafon sendiri memiliki fugsi sebagai sekat pembatas antara ruangan dengan atap atau ruangan di atasnya. Bahan untuk plafon sendiri memiliki beragam jenis seperti triplek, kayu, GRC, gypsum, dan PVC. Jika Anda bertanya yang manakah yang paling mudah dalam instalasinya? Jawabanya adalah plafon triplek.

Pemasangan plafon triplek termasuk mudah karena Anda hanya perlu memasangkan triplek pada rangka plafon. Untuk rangka plafon, biasanya yang digunakan ada kayu kaso 4/8 atau 5/7. Penggunaan kaso sebagai rangka dinilai bisa menahan beban yang cukup kuat baik beban struktur maupun beban eksternal daripada menggunakan reng.

Tripek sendiri merupakan bahan olahan pabrik yang terdiri dari beberapa lembar kayu yang saling direkatkan. Triplek juga dikenal sebagai plywood atau kayu lapis. Triplek termasuk bahan yang multi fungsi, selain sebagai plafon, triplek juga digunakan untuk furnitur, sekat, lapisan daun pintu, lantai dan banyak lagi.

Bagaimana cara memasang plafon triplek? Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Cara Memasang Triplek

Sebelum memasang triplek, Anda harus menyiapka alat serta bahan. Untuk alat dan bahan yang perlu disiapkan antara lain:

Bahan-bahan :

Triplek

Benang ukur

Kayu kaso untuk rangka plafon

Paku atau skrup

Cat kayu

Dempul

Alat:

Gergaji

Palu

Obeng

Meteran Tarik

Plat siku

Waterpass

Pensil

Langkah Kerja

Periksa atap, apakah terjadi kebocoran atau tidak. Triplek tidak tahan dengan air dan kelembapan, atap yang bocor sendiri bisa membuat air hujan yang masuk merembes ke triplek. Langkah pencegahanya Anda bisa melapisi atau dengan plastik atau terpal. Pastikan juga dinding-dinding bagian atas rata.

Anda bisa memasang tanda yang yang nantinya akan menjadi acuan pemasangan rangka dari plafon. Gunakan benang ukur untuk membuat acuan tersebut. Untuk memastikan apakah benang sudah lurus dan rata, Anda bisa menggunakan plat siku dan waterpass. Untuk mengukur jarak antar tanda, agar lebih presisi bisa menggunakan meteran.

Pasanglah rangka plafon dengan kaso yang sudah disiapkan sesuai dengan acuan yang telah Anda buat sebelumnya. Pastikan kaso yang Anda gunakan lurus karena kaso yang tidak lurus akan menyulitkan Anda ketika pemasangan triplek dan hasil akhirnya akan bergelombang.

Pastikan rangka plafon yang Anda pasang cukup kuat. Hal ini dikarenakan, jika Anda ingin melakukan perbaikan atap, renovasi atap, atau instalasi jaringan listrik, setidaknya struktur dari rangka atap bisa menahan beban Anda, tukang, atau teknisi. Untuk menguji kekuatan rangka plafon dengan menggantung beberapa beban.

Langkah selanjutnya adalah pemasangan triplek. Untuk mendapatkan hasil yang rapi dan simetris, pemasangan plafon dilakukan dari bagian tengah menyebar ke bagian sisi dari rangka. Pasanglah triplek dengan presisi hingga tidak menimbulkan celah. Cek kembali kerataan permukaan plafon dengan waterpass.

Untuk selanjutnya adalah pekerjaan finishing. Lapisi triplek dengan dempul untuk menutupi bagian yang cacat seperti retak atau berlubang. Setelah dempul mengering, lapisi kembali plafon dengan cat sesuai dengan selera Anda untuk menambah keindahan plafon Anda.

Sekian bagaimana cara memasang plafon triplek. Pemasangan plafon memang mudah, bahkan Anda bisa melakukanya sendiri tanpa perlu menggunakan jasa tukang. Namun jika menginginkan hasil terbaik maka bisa pakai jasa bangun rumah Jogja yang berpengalaman.