Mal di DKI Jakarta Akan Buka Kembali 5 Juni 2020

Mal di DKI Jakarta Akan Buka Kembali 5 Juni 2020

Ellen Hidayat Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta, mengatakan bahwa mal – mall di Ibu Kota Jakarta akan kembali dibuka dan beroperasi tanggal 5 Juni 2020. Hal ini dikarenakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Jakarta akan berakhir pada 4 Juni 2020.

Mal – mal di Jakarta ini akan dibuka secara bertahap mulai tanggal 5 – 8 Juni 2020. Hal ini datur berdasarkan Pergub No. 489 Tahun 2020. Berdasarkan data mal anggota APPBI DPD DKI Jakarta, pada tanggal 5 Juni 2020 mal yang akan dibuka yakni Plaza Indonesia, FX Sudirman, hingga Blok M mal, dll. Dan untuk mal yang akan dibuka pada Senin 8 Juni 2020 yakni Grand Indonesia, Summarecon Mal Kelapa Gading, Sunter Mall, Teras Benhil, dll.

Namun, mall dibuka hanya sebagai tenant katego kuliner atau restoran makanan yang hanya boleh beroperasi dengan layanan take away. Walau belum beroperasi seperti normal, beberapa mall sudah mempersiapkan protokol kesehatan untuk dilaksanakan secara displin ketika pusat perbelanjaan sudah ditetapkan kembali beroperasi.

Kajian Awal Pembukaan PSBB

Hal ini sesuai dengan informasi yang beredar, berdasarkan kajian awal skenario pemulihan ekonomi dilakukan oleh Kementerian Koordinasi (Kemenko) Bidang Perkonomian. Sampai saat ini, pemerintah terus mengkaji semua aspek yang terkait dengan pemulihan ekonomi ataupun peloongaran pembatasan yang akan dilakukan.

Sehingga jika tidak ada perubahan jadwal, maka mal di Jakarta akan beroperasi dan dibuka kembali secara bertahap pada tanggal 5 dan 8 Juni 2020. Budihardjo Iduansjah Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), mengatakan bahwa rencana ini berdasarkan skenario kajian awal Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Budihardjo juga menyampaikan, bahwa pihaknya siap mendukung dan mengikuti rencana pemerintah dalam membuka kembali pusat perbelanjaan dan fasilitas publik. Ia mendukung rencana pemerintah dalam rangka memulihkan ekonomi pascapandemi Covid – 19.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kemenko Perekonomian tengah melakukan kajian mengenai skenario pemulihan ekonomi di Indonesia pascapandemi Covid – 19. Dengan mengoperasikan kembali beberapa sektor yang dibagi dalam beberapa tahapan.

READ  Tips Mudik Yang Nyaman dan Aman Bersama Anak

Berikut adalah isi kajian awal Kemenko Perekonomian:

  1. Fasa Pertama, dilakukan pada 1 Juni 2020 dengan membuka kembali operasional industri dan jasa bisnis ke bisnis (B2B) dan tetap menerapkan social distancing.
  2. Fase Kedua, dilakukan pada 8 Juni 2020 membuka toko, pasar, dan mal untuk diperbolehkan beroperasi kembali.
  3. Fase ketiga, 15 Juni 2020 tempat – tempat kebudayaan dan sekolah dibuka kembali dengan tetap menerapkan social distancing.
  4. Fase keempat, 6 Juli 2020 akan difokuskan kepada evaluasi terhadap pembukaan berbagai fasilitas seperti tempat ibadah hingga restoran.

Fase kelima, 20 Juli dan 27 Juli 2020 melakukan evaluasi keempat dan pada akhir Juli atau Agustus 2020 diharapkan seluruh kegiatan perekonomian Indonesia sudah dapat beroperasi dengan normal.