Pilihan Jenis Kain Yang Bagus Untuk Batik Wajib Diketahui

Kain batik memang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Selain harus memperhatikan motifnya yang memiliki sejarah tersendiri, ada baiknya untuk mengetahui jenis kain yang bagus untuk batik. Hal ini agar tidak salah dalam memilih kain batik apakah berkualitas atau tidak. Sehingga pembeli pun tidak kecewa dengan kualitas batik yang dibelinya.

Banyak orang beranggapan bahwa kain pembuat batik adalah kain mori atau katun. Padahal terdapat banyak sekali pilihan jenis kain untuk membuat batik loh. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kain Paris

Kain paris memiliki tekstur yang lembut dan juga jatuh. Meskipun nampak tipis, namun akan sangat nyaman apabila digunakan. Kualitas dan kekuatan kain paris bisa dibilang sangat bagus sebagai bahan baku pembuatan hijab batik nan mewah.

2. Serat Nanas

Jenis kain yang bagus untuk batik selanjutnya adalah dengan bahan serat nanas. Kain satu ini memiliki tekstur yang lumayan kasar namun berkualitas. Banyak pengrajin menggunakannya untuk mempertahankan keunikan dari batik itu sendiri. Bahkan bisa dibilang kain batik dengan bahan serat nanas akan terlihat lebih mewah dan eksklusif dibandingkan jenis kain lainnya.

3. Bahan Dobby

Bahan kain dobby merupakan kombinasi dari kain katun dan juga polyester yang seringkali disebut sebagai kain tenun timbul. Jenis kain yang bagus untuk batik satu ini cenderung memiliki motif dan pola yang sangat menarik seperti serat kotak, garis dan juga abstrak. Maka tidak heran jika banyak pengrajin menjadikannya sebagai bahan kain pembuatan batik dengan harga cukup mahal.

4. Grey atau Unfinish

Grey atau kain unfinish satu ini tidak mengalami proses pemutihan, sehingga kualitas dan warna alaminya tetap terjaga sebagai bahan dasar pembuatan batik. Terdapat dua metode pembuatannya, yaitu dengan menggunakan alat tenun bukan mesin dan gedhog. Banyak penjahit yang memanfaatkannya untuk dijadikan busana wanita atau aksesoris nan cantik.

READ  Manfaat Dan Fungsi Baju Kerja Untuk Branding Perusahaan

5. Kain Mori

Kebanyakan pengrajin memang menggunakan kain mori sebagai bahan kain pembuatan batik. Hal ini didasari pada jenis kain yang memiliki harga cukup terjangkau dan kualitasnya yang tidak diragukan lagi. Ketebalan, kehalusan dan juga kerapatan kain yang sempurna sangat sesuai untuk membuat batik. Terdapat beberapa jenis kain mori yang bisa dipilih, yaitu seperti mori primissima, mori prima, mori biru dan lainnya.

6. Bahan Dry Fit

Mungkin belum banyak yang tahu kalau bahan dry fit digunakan untuk kain batik. Hal ini biasa di buat untuk jersey futsal printing batik dimana kesebelasan yang ingin membuat seragam dengan konsep batik. Al ini mungkin karena sablon digital bisa membuat baju full color.

7. Rayon

Selanjutnya adalah kain rayon yang memiliki tekstur halus dan lembut di kulit. Kain satu ini sangat mudah diwarnai, maka tidak heran jika batik yang dihasilkannya akan memiliki warna yang sangat bagus. Bahkan dalam dunia fashion, jenis kain rayon banyak dicari untuk membuat pakaian atau busana wanita loh.

Baca juga; fungsi baju kerja

Demikian penjelasan singkat mengenai beberapa jenis kain yang bagus untuk batik. Tentunya jenis kain tersebut sudah biasa dipakai oleh pengrajin batik yang ada di seluruh Indonesia. Hal tersebut bisa dipilih dengan menyesuaikan pada selera, kenyamanan dan juga budget yang di punya.