Strategi Membuat Konten

Digital Marketing: Strategi Konten Untuk Bisnis di Instagram

Pada saat ini Instagram telah menjadi sosial media yang juga dimanfaatkan sebagai digital marketing. Hal ini dikarenakan Instagram memiliki banyak pengguna sehingga jangkauan promosi sangat luas. Selain itu, Instagram juga telah memiliki fitur yang dikhususkan untuk kegiatan bisnis.

Strategi Membuat Konten

Pembuatan konten yang menarik dapat mengoptimalkan kegiatan promosi suatu produk. Selain itu, Anda juga bisa memakai jasa dari rumahads untuk membantu mempromosikan produk khususnya lewat Google Ads. 

Setelah memiliki akun bisnis, Anda harus menyusun rencana marketing bisnis. Hal ini bertujuan agar komunitas bisnis Anda terbangun secara kuat. Berikut beberapa strategi yang dapat Anda lakukan dalam membuat konten Instagram:

1. Waktu Posting

Hal yang sangat penting dalam pembuatan konten adalah waktu memposting. Upayakan Anda memiliki waktu posting yang rutin tanpa mengganggu follower. Sebelumnya menentukan jadwal posting sebaiknya Anda melakukan tes terlebih dahulu.

Test yang dimaksud adalah untuk mengetahui postingan mana yang mempunyai engagement paling tinggi. Jadi, lakukan test dengan posting sebuah konten pada waktu yang berbeda kemudian lihat hasilnya.

2. Buat Tema Konten

Pilihlah beberapa tema konten yang berbeda-beda dan sesuai dengan target bisnis Anda. Tujuan membuat konten yang berbeda-beda ialah agar audiens atau follower akun Instagram Anda tidak merasa bosan.

Objektif yang berbeda-beda juga akan tercapai jika Anda berhasil memilih beberapa tema konten. Misalnya akun Instagram untuk bisnis skincare, maka pilihlah konten seperti cerita tentang penggunaan skincare yang benar.

3. Buatlah Style Guidelines

Dalam akun Instagram sebuah brand seharusnya mempunyai style yang berbeda dengan brand lain. Hal ini bertujuan agar brand Anda dapat menjadi lebih memorable bagi follower. Upayakan untuk membuat guideline mengenai postingan semenarik mungkin.

Pembuatan guideline sesuai dengan keinginan dan selera Anda, yang penting kreatif dan unik. Dengan adanya guideline yang bagus dapat menjadikan akun Anda mudah diingat, konsisten, dan berbeda.

4. Guidelines Untuk Engagement

Tujuan dibuatnya guideline ini adalah untuk menentukan bagaimana seharusnya Anda berinteraksi dengan akun lainya. Hal ini meliputi like, komentar, dan respon komentar-komentar pada akun Instagram Anda.

Dengan adanya strategi konten yang baik maka produk yang Anda tawarkan akan semakin laku. Hal ini dikarenakan konten memiliki pengaruh yang besar dalam kegiatan promosi.

READ  Cara Jualan Dropship Antar Marketplace