Tips dan Cara Membuka Usaha Cuci Motor

Tips dan Cara Membuka Usaha Cuci Motor
Tips dan Cara Membuka Usaha Cuci Motor

Motor memang kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia. hal tersebut dikarenakan kendaraan beroda dua tersebut lebih praktis dibandingkan dengan mobil, truk, ataupun kereta angin. Memiliki bentuk yang lebih kecil dan ramping bila dibandingkan dengan kendaraan beroda empat membuat kendaraan ini lebih banyak dipilih salah satu alasannya adalah karena ketika macet, motor bisa dengan santai menerobos antrean tersebut. Meskipun motor memiliki penggunaan yang cukup mudah seperti perkembangan motor-motor mathic yang banyak digunakan, motor juga perlu dirawat agar tetap bersih dan tampil seperti baru. Hal tersebut bisa menjadi alternative usaha mendirikan jasa cuci motor.

Tips dan Cara Membuka Usaha Cuci Motor

Usaha cuci motor memang bisa berjalan konsisten karena banyaknya pengguna motor yang ingin mencuci serta di segala cuaca di Indonesia baik kemarau maupaun hujan membuat motor cepat kotor. Hal tesebut bisa menjadi penyebab pengguna ingin mencuci motornya. Pekerjaan tersebut memang sudah banyak dilihat di sekitar jalan raya. Bagi para pemula yang ingin mencoba berbisnis melalui usaha cuci motor perlu menimbangkan beberapa cara dan juga tips. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuka jasa cuci motor.

Mengenali dunia motor

Sebelum melangkah ke tahap-tahap berikutnya, bagi pemula harus terlebih dahulu mengetahui seluk beluk motor. Dunia motor memang cukup luas sehingga setidaknya pemula mengetahui jenis-jenis motor, struktur motor. Bagi penyuka motor pasti memahami lebih dalam. Biasanya mereka mengotak-atik motor sehingga mengetahui cara kerja dan struktur motor. Hal tersebut menjadi penting karena jika salah menyiram air ke benda dalam motor bisa jadi motor akan rusak.

Hal tersebut bisa ditangani dengan cara belajar terlebih dahulu tentang dunia permotoran. Pemula bisa mencari tahu melalui membaca buku, mencari tahu informasi di internet, atau menanyakan langsung kepada teman, keluarga atau tetangga.

Perlengkapan

Setelah mengetahui dan memahami seluk-beluk permotoran. Hal yang kedua adalah memiliki peralatan-peralatan yang dibutuhkan seperti selang, saluran air, sabun, dan lain sebagainya.

READ  Cara Jualan Dropship Antar Marketplace

Modal

Untuk mendapatkan peralatan-peralatan dalam usaha cuci motor tentunya diperlukan modal untuk membelinya. Uang juga menjadi hal penting dalam usaha ini. kalau pemula tidak memiliki uang sama sekali tetap bisa mencobanya dengn cara meminjam terlebih dahulu dan membeli barang-barang seadanya yang bisa digunakan untuk mencuci motor.

Lokasi

Setelah memliki pengetahuan, peralatan dan juga modal. Calion pengusaha harus mengetahui tempat yang strategis. Biasanya tempat cuci motor banyak dijumpai di samping jalan raya sehingga banyak pengendara yang melewati dan mengetahui adanya tempat pencucian motor. Secara tidak langsung pemilihan lokasi yang tepat sekaligus menjadi tempat promosi.

Setelah menemukan lokasi yang tepat, calon pengusaha bisa mengajak beberapa teman yang mau ikut memulai bisnis bersama karena pekerjaan tersebut tidak bisa dilakukan seorang diri. Tips tambahan dalam hal ini, pemula bisa mengajak teman atau saudaranya yang memahami dunia permotoran atau pernah bekerja di dalam dunia motor sehingga bisa membantu dengan baik dalam pencucian motor.

Pelayanan

Pelayanan yang baik tentu mendapatkan nilai lebih dari konsumen. Konsumen bisa memilih-milih terlebih dahulu dimanakah pelayanan terbaik untuk pencucian motor. Selain itu, karyawan dan pemilik harus ramah dan sopan dalam melayani.

Awal membuka usaha tentunya tidak mengambil harga pelayanan yang tinggi. paling tidak pemilik mengambil harga di bawah harga umumnya tetapi tidak terlalu jauh. Hal tersebut juga bisa mengurangi persaingan.

Itulah beberapa tips dan cara untuk memulai usaha pencucian motor. Semoga bermanfaat.