Tips Mudik Yang Nyaman dan Aman Bersama Anak

Tips Mudik Yang Nyaman dan Aman Bersama Anak

Pergi mudik bersama anak – anak, bisa menjadi tantangan bagi orang tua. Karena anak – anak akan cenderung mudah bosan, dan gampang lelah. Namun, para orangtua bisa mempersiapkan dan mencari tahu tentang tips mudik bersama anak dengan praktis. Sehingga, disaat pergi ke luar kota, luar pulau atau pun luar negeri para orangtua tidak akan kerepotan.

Walaupun merepotkan, momen mudik bersama dengan anak – anak akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi para orang tua. Berikut ini adalah, tips berpergian mudik dengan nyaman dan aman bersama anak – anak:

Persiapan Mudik Dengan Anak

Persiapkan barang anak dengan teliti dari jauh – jauh hari

Untuk mempersiapkan kebutuhan anak disaat mudik tidak bisa mendadak. Mulai dari pakaian, makanan, peralatan makan, perlengkapan anak, sampai mainan anak agar mereka tidak bosa dijalan. Sehingga para orangtua bisa terlebih dahulu membuat daftar bawaan anak, yang akan dibawa. Transportasi yang para orang tua gunakan, cukup mempengaruhi muatan barang yang bisa para orang tua bawa.

Memberikan pengertian kepada anak

Ada baiknya, sebelum berangkat para orangtua memberikan pengertian kepada anaknya bahwa mereka akan melakukan perjalanan yang jauh. Dan juga bisa memberikan gambaran kepada anak, mengenai transportasi yang akan digunakan, kegiatan yang bisa dilakukan sepanjang perjalanan, hingga hari raya nanti. Karena jika anak sudah membayangkan perjalanannya, anak tidak akan mudah rewel dan cenderung lebih mengerti keadaan.

Membawa makanan dan cemilan anak

Untuk menjaga anak tetap tenang saat perjalanan mudik, para orangtua harus menyiapkan makanan dan juga minuman yang banyak. Sehingga cukup untuk mengalihkan perhatian sang anak sibuk sepanjang jalan, dengan memakan cemilannya. Atau juga bisa orangtua mengizinkan anaknya menonton di smartphone, dll.

READ  Cara Agar Blush On Kamu Tahan Seharian

Mengantisipasi anak tidak mabuk.di jalan

Mabuk perjalanan karena mudik, bisa membuat anak menjadi merasa mula, muntah, merasa tidak enak badan, dan sakit kepala. Sehingga kamu bisa memberikan obat anti mual, atau kamu juga bisa mengonsultasikan ke dokter untuk mencegah anak mual saat perjalanan. Lalu, untuk berjaga – jaga para orangtua bisa membawa atau menyiapkan kantong plastik, membawa tissue basah, dan membawa baju ganti.

Berangkat pada jam tidur anak

Disaat anak tidur, orangtua bisa melakukan perjalanan mudik dengan nyaman. Karena dengan begitu, walaupun jalanan di tol macet, dan perjlanan semakin lama anak tidak akan rewel karena ia sedang berada pada jam istirahatnya.

Utamakan keselamatan anak

Tips mudik yang paling dasar adalah menjaga keselamatan anak. Jika para orangtua menggunakan transportasi umum, jangan melepaskan pengawasan dari anak – anak. Berikan catatan dikantong anak dengan isi nomer telfon orangtua, untuk mengantisipasi anak terpisah. Lalu juga, membawa obat – obatan pribadi anak, jika memiliki penyakit tertentu.